HIRUP

HIRUP
mulih ka jati, mulang ka asal

Jumat, 27 Juli 2012


Petuah Kehidupan

Bayangkan hidup sebagai suatu permainan ketangkasan, dimana kita harus
memainkan keseimbangan 5 buah bola yang dilempar ke udara.
Bola-bola tersebut bernama: Pekerjaan,Keluarga, Kesehatan, Teman dan Spirit.
Kita harus menjaga agar ke-5 bola ini seimbang di udara.
Kita akan segera mengerti bahwa ternyata "Pekerjaan" hanyalah sebuah bola
karet.
Jika kita menjatuhkannya maka ia akan dapat memantul kembali. Tetapi empat
bola lainnya yaitu: Keluarga, Kesehatan, Teman, dan Spirit, terbuat dari
gelas.
Dan jika kita menjatuhkan salah satunya maka ia akan dapat terluka,
tertandai, tergores,rusak atau bahkan hancur berkeping-keping.
Dan ingatlah, mereka tidak akan pernah kembali seperti aslinya. Kita harus
memahaminya benar dan berusaha keras untuk menyeimbangkannya.
Bagaimana caranya?
1. Jangan rusak nilai kita dengan membandingkannya dengan nilai orang lain.
Perbedaan yang ada diciptakan untuk membuat masing-masing diri kita special.
2. Jangan menganggap remeh sesuatu yang dekat di hati kita, melekatlah
padanya seakan-akan ia adalah bagian yang membuat kita hidup, dimana
tanpanya, hidup menjadi kurang berarti.
3. Jangan biarkan hidup kita terpuruk di 'masa lampau'
atau dalam mimpi masa depan. Satu hari hidup pada suatu waktu berarti hidup
untuk seluruh waktu hidupmu.
4. Jangan menyerah ketika masih ada sesuatu yang dapat
kita berikan. Tidak ada yang benar-benar kalah sampai kita berhenti
berusaha.
5. Janganlah takut mengakui bahwa diri kita tidaklah sempurna.
Ketidaksempurnaan inilah yang merupakan sulaman benang rapuh untuk mengikat
kita satu sama lain.
6. Jangan takut menghadapi resiko. Anggaplah resiko sebagai kesempatan kita
untuk belajar bagaimana menjadi berani.
7. Jangan berusaha untuk mengunci cinta dalam hidupmu dengan berkata "tidak
mungkin saya temukan". Cara tercepat untuk mendapatkan cinta adalah dengan
memberinya, cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan
menggenggamnya sekencang mungkin, dan cara terbaik untuk menjaga agar cinta
tetap tumbuh adalah dengan memberinya 'sayap'.
8. Jangan lupa bahwa kebutuhan emosi terbesar dari seseorang adalah
kebutuhan untuk merasa dihargai.
9. Jangan takut untuk belajar sesuatu. Ilmu pengetahuan adalah harta karun
yang selalu dapat kita bawa kemanapun tanpa membebani.
Dan akhirnya...
MASA LALU adalah SEJARAH,
MASA DEPAN merupakan MISTERI, dan SAAT INI adalah KARUNIA.
Itulah kenapa dalam bahasa Inggris, saat ini disebut "The Present".(dari seorang teman)

Semoga bermanfaat.. .



Nasihat penting kepada para pemuda-pemudi Islam

Pemuda adalah golongan penting untuk membawa Islam kedalam masyarakat manusia. Mereka adalah golongan yang dikatakan sebagai tiang kepada negara. Peranan mereka amat penting dalam proses pembentukan sebuah negara. Seperti pandangan pemikir-pemikir dan cendikiawan- cendikiawan bahawa untuk melihat keadaan masa depan sesebuah negara itu lihatlah kepada keadaan pemuda-pemudi mereka sekarang.
Pandangan ini membayangkan kepada semua tentang kekuatan sesebuah negara itu bergantung kepada kekuatan pemuda-pemudinya. Jika mereka sentiasa dalam keadaan ingin menguatkan negara mereka, atau berusaha untuk mencari kejayaan dalam hidup mereka di dunia dan akhirat, maka insya ALLAH negara itu akan kuat dimasa depan.
Dan sebaliknya yaitu jika golongan ini sentiasa sibuk ataupun disibukkan dengan hiburan dan perkara yang melalaikan pemikiran dan jiwa mereka, tiada berkehendak untuk berfikir tentang masa depan mereka dan mereka hanya tahu berpesta atau berhibur semata-mata maka, kita bakal melihat kemusnahan negara tersebut dimasa depan.
Tetapi untuk membentuk pemuda pemudi seperti yang dikehendaki Islam, ialah bukanlah perkara yang enteng. Mereka hendaklah membina diri dengan lengkap dan sempurna mengikut pandangan Islam. Antara keperluan yang digariskan ialah :

1.Membina kematangan akal :

Dengan memberi perhatian bersungguh kepada ilmu supaya menjadi seorang pemuda yang faham ilmu fardhu ain ,kifayah, dunia, akhirat dan lain-lain. Dengan ilmu juga mereka akan mengenali ALLAH SWT sebagai pencipta, kenal Islam sebagai agama, yakin dengan perjuangan sebagai jalan untuk menyelamatkan manusia. Dengan ilmu juga mereka dapat memajukan diri, keluarga dan negara menurut Islam. Firman Allah swt :

ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

Bacalah dengan nama Rabbmu yang menciptakan (al-Alaq ayat : 1)

2.Membina roh dengan ibadah :

Ibadah merupakan hubungan dengan Allah secara langsung. Yang mana dinamakan kewajiban kewajiban ataupun sunah dan lain-lain. Dengan kita pada setiap masa memenuhi tuntutan ibadah ini maka kita sebenarnya telah menguatkan roh. Kesan dari roh yang kuat ini maka akan menghasilkan ibadah yang ikhlas karena ALLAH ,jika badan kita kuat tetapi roh kita lemah maka ini menunjukkan tiada keseimbangan dalam memenuhi tuntutan kedua-duanya.

3.Membina akhlak :

Sifat-sifat yang mulia, kelakuan-kelakuan yang baik sebagai seorang Islam dan mukmin perlu diterap dalam diri pemuda-pemudi Islam. Bukan saja kepintaran tetapi juga mesti kepintaran itu disulami dengan akhlak mulia. Dengan akhlak kita akan dapat menawan hati manusia. Berusaha untuk memberikan contoh akhlak rasulullah karena rasulullah bersabda :“ Sesungguhnya aku dibangkitkan untuk menyempurnakan akhlak.”

4.Membina tubuh badan yang sehat:

Mengambil makanan seimbang adalah penting bagi membina tubuh yang sehat , Tubuh badan yang sehat akan menghasilkan akal yang sehat. Tubuh badan yang sehat juga akan membentuk manusia yang cerdas, pikiran akan menjadi tajam, dan juga secara tidak langsung akan dapat memberikan kekuatan secara fisik kepada pemiliknya.

5.Membina hubungan dengan masyarakat:

Suka bergaul dengan mereka, mengambil alih masalah berat mereka, menanyakan khabar mereka, berkenalan dengan mereka, berkhidmat secara ikhlas karena Allah tidak membedakan, mazhab, kedudukan dan batasan. Berdasarkan firman Allah Taala :

وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰ‌ۖ

“Dan bertolong-tolonganl ah kamu dalam perkara taqwa (surah al-Maidah ayat 2 )
Untuk mereka mendapat kejayaan didalam sesuatu bidang, mereka hendaklah memahami seluk-beluk dahulu. Kalau petani mesti tahu seluk-beluk tanaman, kalau nelayan mestilah tahu seluk-beluk tentang ikan dan laut. Begitu jugalah dengan perhubungan dengan masyarakat. Mereka mestilah mengetahui akan seluk-beluk yang menjadi kesukaan atau kebencian masyarakat karena dengan cara ini kita dapat mengenali masyarakat secara dekat. Justru, kita mestilah bergaul dan mengenali mereka dengan lebih dekat lagi agar dakwah kita akan menjadi lebih berkesan.
Inilah ciri-ciri pemuda harapan, yang mampu menyelamatkan Islam, negara dan umatnya. Oleh karena jalan perjuangan untuk menjadikan Islam bermartabat penuh dengan liku-liku dan dugaan, maka mereka yang mampu untuk meredah  suasana  dan melepaskan rintangan kepada kejayaan ini hanyalah mereka yang kuat rohani dan jasmaninya.
Hari ini pemuda-pemuda kita ramai yang bersemangat tetapi mereka kehilangan kekuatan. Kelima-lima kekuatan tadi juga mampu membentuk muslim dan mukmin yang terbuka, bertoleransi dan tidak melulu, ekstrim, taksub membabi buta. Malah kelima-lima kekuatan tadi juga akan dapat melahirkan pemuda yang berpandangan jauh, tidak sempit pemikirannya dan juga boleh diajak berbincang secara ilmiah.
Bayangkan keadaan dimana pemuda muslim yang coba berdakwah kepada orang ramai tentang Islam mempunyai sifat-sifat seperti tidak cerdik karena tiada ilmu dan tidak mendalaminya, tidak melakukan kewajiban kewajiban maupun sunah, berakhlak buruk,  tidak bergaul dengan masyarakat. Adakah anda fikir dakwah mereka akan berjaya?
Maka sewajarnyalah bagi semua pemuda Islam untuk melengkapkan diri mereka semua dengan kekuatan-kekuatan ini. Janganlah kerana kejahilan dan kelemahan dalam diri kita, akan menyebabkan usaha untuk mendaulatkan Islam menjadi sia-sia. Dan paling malang apabila orang yang berminat untuk mendalami Islam semakin menjauhi Islam kerana kelemahan kita.Akhirnya Islam pula dipandang buruk karena kita Waiyyazubillah.
Wallahua’lam

Semoga bermanfaat.. .

Tidak ada komentar: