HIRUP

HIRUP
mulih ka jati, mulang ka asal

Jumat, 27 Juli 2012

Percikan Do'a


  Doa

Di setiap udara yang kau temukan
Di sana akan kau jumpai Allah
Yang senantiasa mendengar doamu...


  • Dan apabila hamba-hamba- Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (QS Al Baqarah : 186)

  • Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."(QS AL Mukmin : 60)
  • Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati-Nya. (QS An Naml:62)

  • Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap diri-Ku. Aku bersamanya ketika dia berzikir (mengingat atau menyebut-Ku0. Jika dia berzikir di dalam hatinya, maka Aku akan mengingatnya di dalam hati-Ku. Jika dia mengingat-Ku dalam suatu jamaah, maka Aku akan mengingatnya dalam jamaah yang lebih baik dari jamaah (di dunia). Jika dia mendekat pada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Jika dia mendekati-Ku sehasta maka Aku akan mendekatinya selengan. Jika dia mendekati-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendekatinya dengan berlari.

  • Rasulullah saw bersabda : “Allah swt itu santun dan pemurah. Dia merasa malu pada hamba-Nya, jika hamba-Nya mengangkat kedua tangannya, memohon pada-Nya, kemudian membiarkan kedua tangan hamba itu kosong tidak dikabulkan”
  • Nabi saw bersabda “ Sesungguhnya Jibril diberi tugas untuk mengurus segala keperluan anak Adam. Jika seorang hamba yang kafir berdoa, Allah swt berfirman kepada Jibril : “Hai Jibril tunaikan keperluannya. Sesungguhnya Aku tidak suka mendengar permintaannya”. Dan jika seorang hamba yang mukmin berdoa, Allah swt berfirman kepada Jibril : ”Hai Jibril, jangan kau tunaikan dulu keperluannya, sebab Aku senang mendengar permohonannnya”. (HR. Ibnu An Najjar dati Jabir r.a)

  • Rasulullah saw bersabda : “ Seorang muslim yang berdoa, memohon kepada Allah, dia tidak memohon sesuatu yang dosa (dilarang) dan tidak dalam keadaan memutuskan hubungan silaturrahim, maka Allah akan memberikan salah satu dari tiga kemungkinan. Kemungkinan pertama doa itu dikabulkan. Kemungkinan berikutnya adalah doa yang dipanjatkan disimpan oleh Allah untuk hari kiamat kelak. Kemungkinan yang terakhir adalah Allah akan menjauhkan orang tersebut dari keburukan”. (HR Tirmidzi, Ahmad dan shahih Al Jami’)

  • Rasulullah saw bersabda : “ Berdoalah kepada Allah dan kalian (harus) yakin bahwa doa itu akan dikabulkan.
  • Rasulullah saw bersabda : “ Mintalah kalian kepada Allah swt, sesungguhnya Allah senang untuk diminta” (HR Tirmidzi dan Abu Nu’aim)

  • …Siapakah yang pernah mengharapkan Aku untuk menghalau kesulitannya lalu Aku kecewakan? Siapakah yang pernah mengharapkan Aku karena dosa-dosanya yang besar, lalu Aku putuskan harapannya? Siapakah pula yang pernah mengetuk pintu-Ku lalu tidak Aku bukakan?.... (Hadits Qudsi)

Semoga bermanfaat.. .

Tidak ada komentar: