HIRUP

HIRUP
mulih ka jati, mulang ka asal

Senin, 09 Maret 2015

kebangkitan astronomi di Bagdad

kebangkitan astronomi di Baghdad antara 9 dan 19

kebangkitan astronomi di Baghdad pada abad kesembilan dan kesepuluh: Daftar publikasi, terutama dari 50 tahun terakhir" di www.davidking.org (link). Kami berterima kasih kepada Prof. Raja untuk mengizinkan publikasi di situs Muslim Heritage.

Kata pengantar

"Orang dahulu membedakan diri melalui penemuan kesempatan mereka prinsip-prinsip dasar dan penemuan ide-ide. Para ulama modern, di sisi lain, membedakan diri melalui penemuan banyak rincian ilmiah, penyederhanaan sulit (masalah), kombinasi tersebar (informasi), dan penjelasan (bahan yang sudah ada di) koheren (bentuk). Orang dahulu datang ke prestasi khusus mereka berdasarkan prioritas mereka dalam waktu, dan tidak karena setiap kualifikasi alami dan kecerdasan. Namun, bagaimana banyak hal melarikan diri mereka yang kemudian menjadi penemuan asli sarjana modern, dan berapa banyak yang mantan meninggalkan untuk yang kedua yang harus dilakukan! " Penyair, sastrawan dan pembuat instrumen astronomi Hibat Allah al-Baghdadi (Baghdad, ca. 1120), sebagian mengutip astronom-matematika Abu Ja'far al-Khazin (Rayy, ca. 980), sebagaimana diterjemahkan oleh Franz Rosenthal, " Al-Asturlâbî dan as-Samaw'al Ilmiah Kemajuan ", Osiris 9 (1950), hlm. 555-564, esp. p. 559.


"Warisan gerakan penerjemahan dalam masyarakat Islam sangat mendalam dan manifold, tetapi secara historis tidak akurat untuk berbicara tentang hal itu dalam isolasi dari tradisi ilmiah dan filosofis Arab yang dibina itu sepanjang keberadaannya. Satu harus menghindari menghasilkan kesan palsu bahwa terjemahan , setelah dieksekusi dalam fase reseptif, menyebabkan pengembangan bahasa Arab pemikiran filosofis dan ilmiah selama tahap kreatif selanjutnya tradisi ini. " Dimitri Gutas, Yunani Thought, Budaya Arab (lihat § 1), p. 192.


Dari Kiri: Profesor Salim Al-Hassani, Profesor David King, Profesor Jeffrey Hoffman, Profesor Hamid Al-Naimiy
dan Profesor Martin Barslow dari Konferensi Internasional Kedua di Sharjah (Sumber)

Tidak ada upaya telah dilakukan di Frankfurt - atau di mana pun, dalam hal ini - untuk mendokumentasikan sejarah astronomi di eighth-, ninth- dan abad kesepuluh Baghdad. Sebaliknya, sebagian besar studi yang tercantum di bawah hanya berkembang secara alami sebagai akibat dari fakta bahwa sebagian besar dari apa yang kita studi spesialis dalam kaitannya dengan astronomi dalam Islam abad pertengahan dan abad pertengahan Eropa mulai di sana dan kemudian. Juga, kita hanya bisa mengklaim telah menggores permukaan subjek ini. Banyak teks berasal dari lingkungan ini telah terdaftar oleh F. Sezgin dalam survei bio-bibliografi tentang sastra Arab hingga ca. 1100 (lihat di bawah). Sebagian besar naskah asli yang digunakan oleh tim Frankfurt ditemukan di perpustakaan di seluruh dunia pada 1970-an dan 80-an.

Pembaca harus menyadari adanya studi sebelumnya oleh para sarjana seperti Sédillots père et fils, CA Nallino, H. Suter, O. Neugebauer, D. Pingree, ES Kennedy, dan P. Kunitzsch. Beberapa dari mereka tidak mungkin bisa ditinggalkan dari daftar pustaka ini untuk alasan sentimental, meskipun mereka mendahului, katakanlah, 1980. Untuk pendatang baru ke lapangan ini, tempat terbaik untuk memulai adalah Kennedy et al., Studi (§ 1). Untuk bio-bibliografi informasi ilmuwan Muslim pergi ke Sezgin, GAS, V-VII (sampai ca. 1100); Suter, MAA, Matvievskaya & Rosenfeld, Ibu, dan Kairo ENL Survey (semua periode); dan Ihsanoglu et al., Ottoman Ilmiah Sastra (Ottoman Empire) (semua yang tercantum dalam § 1).


Ada kecenderungan di kalangan ulama - bahkan spesialis dalam sejarah ilmu pengetahuan Islam - untuk menjadi pra-sibuk dengan gerakan penerjemahan Graeco-Arab, seolah-olah itu adalah satu-satunya aspek ilmu pengetahuan Islam yang dari kekhawatiran utama. Untungnya salah seorang sarjana, David Pingree, telah peduli juga dengan pengaruh India dan Iran dalam astronomi Islam awal. Banyak studi yang tercantum di bawah kesepakatan dengan "astronomi Islam" pada abad ke-9 yang sudah disiplin terhormat dalam dirinya sendiri, tetapi fenomena ini terjadi pada saat yang sama dengan terjemahan utama karya-karya seperti Almagest menjadi tersedia. Mungkin kita tidak perlu menyebutnya "astronomi Islam", melainkan "astronomi peradaban Islam", untuk sejumlah besar kontributor yang bukan Muslim, melainkan orang-orang Kristen, Yahudi atau Sabian; ini adalah, bagaimanapun, selalu minoritas di kancah keseluruhan. Beberapa Muslim yang terlibat adalah orang Arab, tetapi sejumlah besar, bahkan mayoritas, awalnya dari Iran atau Central asal Asia. Sebut saja apa yang akan Anda, "astronomi Islam" menggunakan metode dan bahan-bahan yang pada akhirnya berasal dari Yunani atau Indo-Iran, tetapi juga diproduksi dengan kecepatan yang luar biasa korpus metode baru dan bahan, termasuk segala macam tabel dihitung khusus untuk Baghdad. Jadi, misalnya, kita mencatat bahwa buku astronomi dengan meja-meja yang disiapkan untuk Khalifah al-Ma'mun ca. 825 dan dikenal sebagai Mumtahan Zij muncul di tempat kejadian pada saat yang sama sebagai terjemahan nyata pertama dari Almagest. The Mumtahan Zij sudah menjadi kerja Islam, sangat berbeda dalam gaya dan konten dari Almagest. Juga, pada saat yang sama, muncul sekelompok karya lain yang telah datang ke cahaya hanya dalam beberapa tahun terakhir: kesepakatan ini dengan instrumentasi astronomi dan penerapan prosedur astronomi aspek ritual agama Islam: kalender lunar, didefinisikan astronomis kali doa Muslim, dan arah suci (kiblat) terhadap Ka'bah di Mekah. Karena banyak astronomi Islam kemudian dikhususkan untuk tema-tema seperti itu, kesalahan untuk berpikir bahwa bahkan astronomi kemudian Islam sangat bergantung pada setiap tradisi Yunani. Sudah pada abad ke-9 itu "Islam", dan seperti itu tetap selama seribu tahun sesudahnya. Fakta bahwa di sana ada sebuah tradisi penting dari terjemahan karya-karya Yunani dan tafsiran atasnya dalam astronomi Islam, tetapi tanpa kuat pengaruhnya di atasnya - jumlah pengaruh tergantung pada waktu, lokasi dan kepribadian yang terlibat - harus diperhitungkan. Dalam hal apapun, karena gerakan penerjemahan Graeco-Arab telah menerima banyak perhatian tampaknya tepat sekarang untuk melihat lebih luas di astronomi Islam. Tentu saja penelitian serius kelahiran dan perkembangan awal ilmu pengetahuan Islam masih merupakan tugas untuk masa depan.


Pembaca juga harus menyadari bahwa ini bukan bibliografi astronomi Islam seperti; juga, banyak karya tentang matematika Islam awal bisa dimasukkan tapi belum. (Bibliografi sejarah matematika Islam cenderung mengabaikan astronomi, meskipun sejarah metode matematika Islam tidak dapat ditulis tanpa mengambil karya astronomi menjadi pertimbangan.) Bibliografi serupa bisa disiapkan - tapi tidak di Frankfurt saat ini - untuk, katakanlah, studi al-Biruni, sekolah daerah astronomi Islam, astronomi di al-Andalus, astronomi dalam pelayanan Islam, dll

Sebuah bibliografi kaya transmisi di Richard P. Lorch, "Yunani-Arab-Latin: The Transmisi Matematika Teks pada Abad Pertengahan", Science dalam Konteks 14 (2001), hlm 313-331..

Silahkan klik di sini untuk link yang berguna untuk bibliografi matematika dan astronomi Islam adalah:

Link lain menyediakan daftar studi baru pada instrumentasi astronomi Islam adalah:

Singkatan dari nama pribadi menyebut anggota dan tamu (bertanda bintang) dari Frankfurt Institut Sejarah Ilmu Pengetahuan, dulu dan sekarang:

BS - Burkhard Stautz
BVD - Benno van Dalen
DAK - David A. Raja
FC - François Charette
JH - Jan Hogendijk (Utrecht)
PS - Petra Schmidl
MV * - Mercè Viladrich (Barcelona)
Untuk berbagai publikasi dari Fuat Sezgin dan rekan-rekannya di Institut Sejarah Arab-Islam Ilmu di Frankfurt silakan klik di sini.

Daftar isi daftar pustaka

Karya umum dan dasar mengenai astronomi Islam, termasuk koleksi artikel
Ikhtisar artikel
Proyek saat ini di Frankfurt
3.1 Abad Pertengahan buku pegangan astronomi Islam
3.2 instrumen astronomi Islam dan Eropa Abad Pertengahan
Astronomi di Baghdad pada abad ke-9 dan ke-10 - khusus studi.
4.1 sumber-sumber asing astronomi Islam
4.2 matematika astronomi Islam
4.3 visibilitas bulan sabit Lunar
4.4 ketepatan waktu astronomi dan peraturan waktu salat
4,5 instrumen astronomi - umum
4.6 instrumen astronomi - astrolabe
4,7 instrumen astronomi - kuadran
4,8 instrumen astronomi - miscellaneous
4.9 Penentuan arah suci (kiblat)
4.10 astrologi Matematika
4.11 pengukuran Geodetic
4.12 geografi Matematika dan kartografi
4.13 Sacred geografi rakyat
4.14 Folk astronomi
4.15 kosmologi Suci
4.16 Miscellaneous

Ilustrasi oleh al-Biruni dari fase yang berbeda dari bulan, dari Kitab al-tafhim. Sumber: Seyyed Hossein Nasr, Sains Islam: An Illustrated Studi, London: Dunia Islam Festival, 1976. (Sumber)


1. karya umum dan dasar astronomi Islam, termasuk koleksi artikel

[Catatan: Untuk karya yang lebih umum dan juga untuk proses konferensi diterbitkan melihat King & Samso, "Islam Astronomi Buku Pegangan dan Tabel" (dikutip di bawah), hlm 98-105..]

Aaboe kumpulan artikel:. J. Lennart Berggren dan Bernard R. Goldstein, eds, Dari Pertanda Kuno untuk Mekanika statistik: Essays on Ilmu Exact Disampaikan kepada Asger Aaboe, Acta Historica Scientiarum Naturalium et Medicinalium (Kopenhagen) 39 (1987). [Berisi beberapa artikel tentang topik Islam.]

AIOS:... Arabische Instrumente di orientalistischen Studien, Fuat Sezgin et al, eds, 6 jilid, Frankfurt am Main: Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften, 1990-1991, Repr. sebagai Astronomi Islam dan Matematika, jilid. 85-90 (1998), dengan 6 volume lanjut ibid., Jilid. 91-96 (1998). [Cetak ulang studi pada instrumen Islam dari abad ke-20 ke-19 dan awal: total monumental lebih dari 5.000 halaman.]

Fi 'Abbas al-'Azzâwî, Ta'rîkh' ilm al-falak 'l-'Irâq wa-'alâqâtihi bi-'l-aqtâr al-Islamiyyah wa-'l-'arabiyya fi' l-'uhûd al-tâliya li-Ayyam al-'Abbâsiyyîn min sanat 656 H = 1258 M ila sanat 1335 H = 1917 M [= Sejarah Astronomi di Irak dan hubungan dengan wilayah Islam dan Arab di periode berikut Abbasiyah, dari 1258 AD 1917 AD ], Baghdad:. Akademi Ilmiah Irak (al-Majma 'al-'ilmî al-'Irâqî, 1958. [Sebuah karya penasaran, bukan tanpa utilitas Penulis benar-benar tidak tahu ada sumber-sumber Barat survei bio-bibliografi Nya banyak Muslim. astronom sebagian didasarkan pada naskah yang tersedia baginya di Irak.]

J. Lennart Berggren, Episode di Matematika Medieval Islam, New York, dll .: Springer, 1986. [Satu-satunya pekerjaan umum tentang matematika dalam peradaban Islam untuk mengambil serius fakta bahwa banyak bahan sumber dapat ditemukan di astronomi sumber.]

Kairo ENL Survey: David A. Raja, A Survey of mushaf Ilmiah di Perpustakaan Nasional Mesir, (Amerika Research Center di Mesir, Katalog, vol 5.), Winona Lake, Ind .: Eisenbrauns, 1987. [A suplemen untuk sumber bio-bibliografi standar.]

DSB: Kamus Ilmiah Biografi, 14 jilid. dan 2 supp. jilid, New York:. Charles Scribner Sons, 1970-1980. [Berisi berbagai artikel mengenai ilmuwan Muslim.]

EHAS: Ensiklopedia Sejarah Arab Sains, Roshdi Rashed, dengan Régis Morelon, eds, 3 jilid, London:.. Routledge, 1996. [Kontribusi kualitas bervariasi. Juga tersedia dalam bahasa Perancis. (Paris: Seuil, 1997), dan dalam bahasa Arab (Beirut, 1997)]

EI2:. The Encyclopaedia of Islam, edisi baru, 11 jilid. dan suplemen, Leiden: EJ Brill, 1960 untuk hadir. [Pekerjaan standar acuan untuk Studi Islam, juga tersedia dalam bahasa Prancis.] Lihat selain artikel sesekali pada ilmuwan Muslim artikel tematik yang dipilih berikut:

"Anwa '" (aspek astronomi rakyat), "Asturlâb" (astrolabe), "' Ilm al-hay'a" (di sini: astronomi umumnya), "'Ilm al-hisab" (aritmatika), "KAMAR" (bulan ), "Kibla" (aspek agama dan astronomi dari arah suci), "Kutb" (tiang langit), "Layl dan Nahar" (aspek astronomi rakyat), "Makka iv:. sebagai pusat dunia" (geografi suci ), "Manazil" (rumah-rumah lunar), "Matali '" (kanan dan ascensions miring), "Matla'" (terbit astronomi dan pengaturan), "Mayl" (deklinasi dan miring), "Mîkât. ii aspek astronomi." ( ketepatan waktu astronomi), "Mintaka" (ekliptika, zodiak dan miring), "Mizwala" (jam matahari), "Nudjûm" (bintang); "Nudjûm, 'Ilm al-Ahkam" (astrologi), "Rih" (angin dalam tradisi folk-astronomi), "Rub'" (kuadran), "samt" (arah), "Shakkâziyya" (proyeksi astrolabic universal), "Shams" (sun), "Ta'rîkh. 2. Era kronologi dalam buku pegangan astronomi" (Calendrics di zîjes), "Tasa" (kompas magnetik), "Zîdj" (buku pegangan astronomi dan tabel).

Gerhard Endress, "Die wissenschaftliche Literatur", Kapitel 8 di Grundriss der Arabischen Philologie, Band II: Litteraturwissenschaft, Helmut Gatje, ed, Wiesbaden:. Dr Ludwig Reichert, 1987, hlm 400-506.. [Sebuah gambaran yang sangat berguna.]

Goldstein, Studi: Bernard R. Goldstein, Teori dan Observasi pada Kuno dan Abad Pertengahan Astronomi, London: Variorum, 1985. [Cetak Ulang dari 24 studi.]

Goldstein kumpulan artikel:. Astronomi dan Astrologi dari Babel ke Kepler - Esai Disampaikan kepada Bernard R. Goldstein pada Acara Ulang Tahun ke-65-nya, Peter Barker, Alan C. Bowen, José Chabas, Gad Freudenthal dan Tzvi Langermann, eds, menjadi diterbitkan dalam edisi khusus dari Centaurus pada tahun 2003. [Berisi beberapa artikel tentang astronomi Islam.]

Hartner, Studi, I-II: Willy Hartner, Oriens-Occidens - Ausgewählte Schriften zur Wissenschafts- und Kulturgeschichte - kumpulan artikel zum 60. Geburtstag, Hildesheim: Georg OLMS 1968 (I), dan Oriens-Occidens - Ausgewählte Schriften zur Wissenschafts- und Kulturgeschichte, Band II, Yasukatsu Maeyama, ed., Hildesheim, dll .: Georg OLMS, 1984 (II). [Cetak ulang dari berbagai penelitian.]

Hartner kumpulan artikel:. PRISMATA - Naturwissenschaftsgeschichtliche Studien - kumpulan artikel für Willy Hartner, Yasukatsu Maeyama dan Walter G. Saltzer, eds, Wiesbaden: Franz Steiner, 1977. [Berisi beberapa artikel tentang ilmu pengetahuan Islam.]

Leo A. Mayer, Astrolabists Islam dan Pekerjaan mereka, Jenewa: Albert Kundig 1956, dengan suplemen di Aus der Welt der Kunst islamischen, Richard Ettinghausen, ed, Berlin:. Gebrüder Mann, 1959, hlm 293-296, kedua Repr. . di AIOS (§ 1), XII [= IMA (§ 1), vol. 96], hlm. 141-285, dan 291-294. [Pekerjaan standar; daftar beberapa pembuat dari Abbasiyah Irak.]

Oklahoma 1992 dan 1993 Konferensi Prosiding: Tradisi, Transmisi, Transformasi:. Prosiding Dua Konferensi Sains Pra-modern Diadakan di University of Oklahoma, F. Jamil Ragep & Sally P. Ragep, dengan Steven J. Livesey, eds, Leiden, New York & Cologne: EJ Brill, 1996. [Berisi beberapa artikel tentang ilmu pengetahuan Islam.]

. Ihsanoglu et al, Ottoman Ilmiah Sastra: Ekmeleddin Ihsanoglu et al, Osmanlı astronomi literatürü tarihi - Sejarah Astronomi Sastra selama Periode Ottoman, 2 jilid, Osmanlı Matematik literatürü tarihi - Sejarah Astronomi Sastra selama Periode Ottoman, 2 jilid... , Osmanlı cografya literatürü tarihi - Sejarah Sastra geografis selama Periode Ottoman, (Studi dan Sumber tentang Sejarah Sains, Seri No 7, 8 9), Istanbul: Pusat Penelitian Sejarah Islam, Seni dan Budaya (IRCICA), 1997, 1999, dan 2000, masing-masing. [A bio-bibliografi survei monumental literatur ilmiah Ottoman, dalam bahasa Turki.]

Geografi Islam: Geografi Islam, Fuat Sezgin, dengan Mazen Amawi, Carl Ehrig-Eggert dan Eckhard Neubauer et al, eds, 278 [!!] jilid... sampai saat ini, Frankfurt am Main: Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften, 1992 untuk hadir. [Cetak ulang Faksimili dari tulisan-tulisan awal, terutama 19 dan awal abad ke-20.]


Matematika Islam dan Astronomi. Matematika Islam dan Astronomi, eidem, eds, 112 [!!] jilid sampai saat ini, Frankfurt am Main: Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften 1997 untuk hadir. [Cetak ulang teks dan studi terutama dari ke-19 dan awal abad 20.]

Kennedy, "Zij Survey": ES Kennedy, "Sebuah Survei Tabel Astronomi Islam", Transaksi dari American Philosophical Society, NS, 46: 2 (1956), hlm 123-177, Repr.. dengan pagination terpisah, n.d. [Ca. 1990]. [Lists sekitar 125 buku pegangan astronomi abad pertengahan dengan tabel jenis yang dikenal sebagai zîjes. Karya ini terinspirasi sebagian besar penelitian tentang astronomi matematika Islam selama bertahun-tahun 50-aneh berikutnya. Lihat sekarang laporan sementara oleh Raja & Samso (§ 1), dan proyek Zij baru dijelaskan dalam §3a.]

Kennedy, Studi: ES Kennedy, Astronomi dan Astrologi di Abad Pertengahan Dunia Islam, (Variorum Dikumpulkan Studi Seri: CS600) [. Cetak ulang dari 19 studi], Aldershot & Brookfield, Vt .: Ashgate-Variorum 1998.

. Kennedy et al, Studi: ES Kennedy, Kolega dan Mantan Mahasiswa, Studi di Ilmu Exact Islam, David A. Raja dan Mary Helen Kennedy, eds, Beirut:. American University of Beirut, 1983. [Cetak Ulang dari 69 studi, termasuk beberapa berdasarkan sumber Irak awal.]

Kennedy kumpulan artikel: Dari relatif kecil ke Equant:. Studi di Sejarah Ilmu Pengetahuan di Timur Dekat Kuno dan Abad Pertengahan di Honor of ES Kennedy, David A. Raja dan George Saliba, eds, Annals of the New York Academy of Sciences (500), 1986. [Berisi kontribusi dari 34 ahli terkemuka di lapangan dan mewakili keadaan seni di pertengahan 1980-an.]

Raja, SATMI:. David A. Raja, Studi di Astronomical Pencatatan Waktu dalam Islam Abad Pertengahan, 12 poin, dalam pers dengan EJ Brill, Leiden. Bagian I-VI dan X-XII yang muncul dengan judul The Call of muazzin.

Raja, Studi, AC: David A. Raja, Islamic Matematika Astronomi, London: Variorum, edisi revisi 2, Aldershot (Inggris):. Variorum 1993 (A); Islam Astronomical Instrumen, London: Variorum, 1987, Repr. Aldershot: Variorum 1995 (B); dan Astronomi di Dinas Islam, Aldershot (Inggris): [. Cetak ulang dari 18 + 22 + 14 artikel] Variorum 1993.

King & Samso, "Islam Astronomi Buku Pegangan dan Tabel": David A. Raja dan Julio Samso, dengan kontribusi oleh Bernard R. Goldstein, "Buku Pegangan Astronomi dan Tabel dari Dunia Islam (750-1900): Sebuah Laporan Interim", Suhayl - Jurnal untuk Sejarah Ilmu Pengetahuan Exact dan Alam di Civilisation Islam (Barcelona) 2 (2001), hlm 9-105.. [A suplemen Kennedy, "Zij Survey" (lihat di atas), awal untuk publikasi hasil proyek Zij dijelaskan dalam §3a.]

Paul Kunitzsch, Untersuchungen zur Sternnomenklatur der Araber, Wiesbaden: Otto Harrassowitz, 1961. [Sebuah karya standar.]

Kunitzsch, Studi: Paul Kunitzsch, The Arab dan Bintang, Northampton: Variorum, 1989. [Cetak Ulang dari 24 studi. Lihat juga berbagai publikasi Kunitzsch yang lain pada bintang-katalog dan bintang-nama.]

Kunitzsch kumpulan artikel: Sic itur ad astra. Studien zur Geschichte der jamelbenammou und Naturwissenschaften. Kumpulan artikel für den Arabisten Paul Kunitzsch zum 70. Geburtstag, Menso Folkerts dan Richard P. Lorch, eds, Wiesbaden:. Otto Harrassowitz, 2000. [Berisi beberapa kontribusi yang relevan dengan subjek kami.]

Langermann, Studi: [. Cetak ulang dari 10 studi] Y. Tzvi Langermann, orang Yahudi dan Ilmu pada Abad Pertengahan, Aldershot, dll .: Ashgate-Variorum 1999.

Lorch, Studi: Richard P. Lorch, Arab Ilmu Matematika - Instrumen, Teks, Transmisi, Aldershot: Variorum, 1995. [Cetak Ulang dari 18 studi.]

Matvievskaya & Rosenfeld, Mams:. Galina P. Matvievskaya dan Boris A. Rosenfeld, Matematiki i astronomi musulmanskogo srednevekovya i Ikh trudi, 3 jilid, Moskow: Nauk, 1983. [A baru, versi terbaru dari Suter, MAA, dalam bahasa Rusia. Terjemahan bahasa Inggris telah diterbitkan pada tahun 2003 oleh IRCICA, Istanbul.]

Nallino, Scritti, V: Carlo A. Nallino, Raccolta di Scritti editi e inediti, vol. V: Astrologia - Astronomia - Geografia, Roma: Istituto per l'Oriente, 1944. [Sebuah studi pentingnya.]

Pingree kumpulan artikel: Sebuah kumpulan artikel untuk menghormati David Pingree, diedit oleh Charles Burnett, Jan Hogendijk dan Kim Plofker, Leiden: EJ Brill, dalam pers. [Berisi beberapa studi yang relevan dengan topik kita.]

Sabra, Studi: Abdelhamid I. Sabra, Optik, Astronomi dan Logika - Studi di Arab Sains dan Filsafat, Aldershot (UK): Variorum, 1994. [Cetak Ulang dari 17 studi.]

Saliba, Studi: George Saliba, A History of Astronomy Arab - Teori Planetary selama Golden Age of Islam, (New York Studi University di Timur Dekat Peradaban, XIX), New York: New York University Press, 1994. [Cetak Ulang dari 15 artikel , berurusan terutama dengan teori planet.]

Julio Samso, Las Ciencias de los antiguos en al-Andalus, Madrid: MAPFRE, 1992. [Pekerjaan umum pertama pada ilmu pengetahuan di Spanyol Muslim.]

Samso, Studi: idem, Astronomi Islam dan Abad Pertengahan Spanyol, Aldershot: [. Cetak ulang dari 20 studi] Variorum 1994.

Samso: lihat juga banyak studi sekolah Millas-Vernet-Samso Barcelona, ​​beberapa di antaranya terdaftar di www.ub.es/arab.

Samso: lihat juga Raja & Samso atas.

Aydin Sayili, The Observatory dalam Islam, (Publikasi Turki Historical Society, Seri VII: No. 38), Ankara, 1960, Repr. New York: Arno, 1981. [Sebuah studi yang brilian, belum digantikan.]

Schoy, Beiträge: Carl Schoy:... Beiträge zur arabisch-islamischen jamelbenammou und Astronomie, Fuat Sezgin et al, eds, 2 jilid, Frankfurt am Main: Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften, 1988. [Cetak Ulang banyak studi awal .]

Sezgin, GAS: Fuat Sezgin, Geschichte des Arabischen Schrifttums, 12 jilid. sampai saat ini, Leiden: EJ Brill, 1967 dan seterusnya, dari tahun 2000 dan seterusnya Frankfurt am Main: Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften, terutama V: jamelbenammou, 1974, VI: Astronomie, 1978, VII: Astrologie, Meteorologie und Verwandtes, 1979; X-XII: Mathematische Geographie und Kartographie im Islam und ihr Fortleben im Abendland, 2000. [Alat penelitian bio-bibliografi dasar untuk semua sastra Arab hingga ca. 1100. Untuk bahan tambahan yang relevan dengan adegan Baghdad lihat review di bawah ini.]

Sezgin: lihat juga Astronomi dan Matematika Islam; Geografi Islam; dan semua publikasi dari Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften, Frankfurt am Main.

DAK, ulasan tentang Sezgin, GAS, V dan VI, dalam "Catatan tentang Sumber untuk Sejarah Matematika Islam awal", Journal of American Oriental Masyarakat 99 (1979), hlm 450-459.; dan "Awal Astronomi Islam", Jurnal Sejarah Astronomi 12 (1981), hlm. 55-59. [Ini mengidentifikasi beberapa sumber naskah baru.]

Suter, Beiträge:... Heinrich Suter, Beiträge zur Geschichte der jamelbenammou und Astronomie im Islam, Fuat Sezgin et al, eds, 2 jilid, Frankfurt am Main: Institut für Geschichte der Arabisch-Islamischen Wissenschaften, 1986. [Cetak Ulang banyak awal studi.]

Suter, MAA: idem, "Die Mathematiker und Astronomen der Araber und Ihre Werke", Abhandlungen zur Geschichte der mathematischen Wissenschaften 10 (1900), dan "Nachträge und Berichtigungen", ibid. 14 (1902), hlm. 157-185, Repr. Amsterdam: The Oriental Press, 1982, dan sekali lagi in idem, Beiträge, I, hlm 1-285 dan 286-314.. [Ini telah menjadi referensi bio-bibliografi utama bagi para ilmuwan Muslim pada abad terakhir.]

Manfred Ullmann, Die Natur- und Geheimwissenschaften im Islam, Leiden: EJ Brill, 1972. [Sebuah sumber daya yang berharga, terutama untuk astrologi.]

Daniel M. VARISCO, "Islam Folk Astronomi", di Astrononomy di Budaya: - [!].. Astrononomy di Budaya Sejarah Non-Barat Astronomi, Helaine Selin, ed, Dordrecht, dll .: Kluwer, 2000, hlm 615- 650. [Sebuah survei yang berguna dari berbagai aspek subjek.]

VARISCO, Studi: idem, Medieval Folk Astronomi dan Pertanian di Saudi dan Yaman, (Variorum Dikumpulkan Studi Seri: CS585) - [. Cetak ulang dari berbagai studi], Aldershot & Brookfield, Vt .: Ashgate Variorum 1997.

Vernet, Estudios: Juan Vernet, Estudios sobre historia de la Ciencia abad pertengahan, Barcelona: Universidad de Barcelona (Facultad de Filología) § § & Bellaterra: Universidad Autonoma de Barcelona (Facultad de filosofia y Letras), 1979. // Vernet, ed. , Textos y estudios, AB:. idem, ed, Textos y estudios sobre astronomia española en el siglo XIII, dan Nuevos estudios sobre astronomia española en el siglo de Alfonso X, Barcelona: Instituto de Filología, Instutución "Milá y Fontanals", Consejo Superior de Invetigaciones Científicas, 1981 dan 1983. // Vernet, ed, Historia de la Ciencia árabe:.. idem, ed, Historia de la Ciencia árabe, Madrid Real Academia de Ciencias Exactas, Fisicas y Naturales, 1981. // Vernet , Studi: Juan Vernet, De 'Abd al-Rahman I a Isabel II - Recopilación de estudios dispersos sobre Historia de la Ciencia y la Cultura Española ofrecida al autor por sus discípulos con ocasión de su LXV aniversario, Barcelona: Universidad de Barcelona, ​​Instituto "Millas Vallicrosa" de Historia de la Ciencia Arabe § § & Promociones y Publicaciones Universitarias, SA, 1989. [Terutama berkaitan dengan ilmu di al-Andalus.]

Vernet kumpulan artikel: Dari Bagdad ke Barcelona. Studi di Ilmu Exact Islam di Honour Prof. Juan Vernet, Josep Casulleras dan Julio Samso, eds, (Anuari de Filologia (Universitat de Barcelona) XX (1996) B-2), 2 jilid, Barcelona:.. Instituto "Millas Vallicrosa "de Historia de la Ciencia Arabe, 1996. [Berisi kontribusi dari 28 ahli terkemuka di lapangan dan mewakili keadaan seni di pertengahan 1990-an.]

Lihat juga Dimitri Gutas, Yunani Thought, Budaya Arab: The Graeco-Arabic Translation Gerakan di Baghdad dan Awal 'Abbasiyah Masyarakat (abad ke-2-4/8-10), London & New York: Routledge, 1998, yang menyediakan bagian dari latar belakang untuk studi ilmu Islam awal.


Aydin Sayili dan George Sarton (Sumber)


2 Ikhtisar artikel

. Carlo Alfonso Nallino, "Matahari, Bulan, dan Bintang (Muhammad)", di Encyclopaedia of Religion and Ethics, James Hastings, ed, 12 jilid, Edinburgh:. T. & T. Clark, 1921, vol. XII (1921), hlm. 88-101. [Account terbaik astronomi Islam dan astrologi yang pernah diterbitkan.]

Ahmad Dallal, "Ilmu Islam, Kedokteran, dan Teknologi": idem, "Sains, Kedokteran, dan Teknologi - Pembuatan Budaya Ilmiah", dalam The Oxford History of Islam: The Oxford History of Islam, John L. Esposito, ed ., Oxford & New York: Oxford University Press, 1999, hlm 154-213.. [Memperlakukan astronomi dalam konteks seluruh usaha ilmiah Islam.]

Bernard R. Goldstein, "Pembuatan Astronomi dalam Islam awal", Nuncius:. Annali di Storia della Scienza (Florence) 1 (1986), hlm 79-92. [Pada tanggapan terhadap tradisi astronomi Yunani dan Hindu pada awal Islam.]

Bernard R. Goldstein, "Astronomi dan Komunitas Yahudi dalam Islam awal", Aleph 1 (2001), hlm. 17-57. [Sebuah survei keterlibatan Yahudi dalam astronomi di abad-abad awal Islam.]

DAK, "Astronomi Islam", di Christopher Walker, ed, Astronomi sebelum Telescope, London:. British Museum Pers, 1996, hlm 143-174.. [Tinjauan bagi pembaca non-spesialis.]

George Saliba, "Astrologi / Astronomi, Islamic" di Kamus pada Abad Pertengahan, 13 jilid, New York:. Charles Scribner Sons, 1982-1989, vol. I, 1982, hlm. 616-624, Repr. in idem, Studi (§ 1), tidak ada. 2. [Tinjauan bagi pembaca non-spesialis.]

George Saliba, "Peran Peramal di Abad Pertengahan Masyarakat Islam", dalam Buletin d'études orientales (Damaskus: Institut Français de Damas)., 44 (1992), hlm 45-67 dan 6 buah ara. [Sebuah gambaran yang berguna.]

DAK, "Science di Dinas Agama: Kasus Islam", dampak sains pada masyarakat (UNESCO), tidak ada. 159 (1991), hlm. 245-262, Repr. di King, Studi (§ 1), C-1. [Tinjauan bagi pembaca non-spesialis.]

Ahmed Dallal, "Paradigma Islam untuk Hubungan antara Sains dan Agama" (tidak dipublikasikan, dapat diakses di Internet). ["Science" dibatasi untuk astronomi, lanjut terbatas pada model matahari, bulan dan planet. Tidak disebutkan terbuat dari "astronomi dalam pelayanan Islam", atau ilmu rakyat dibudidayakan oleh para sarjana hukum Islam.]

Lihat juga Howard R. Turner, Ilmu dalam Islam Medieval - Sebuah Pengantar Illustrated, Austin: [. Berguna untuk sekolah dan perguruan tinggi junior] University of Texas Press, 1995.

3 proyek saat ini di Frankfurt

3.1 Abad Pertengahan buku pegangan astronomi Islam

Sebuah proyek untuk mendokumentasikan semua buku pegangan astronomi Islam abad pertengahan yang dikenal sebagai zîjes, yang lebih dari 200 disusun antara 750 dan 1850, yang dilakukan oleh Benno van Dalen, dan didukung oleh Penelitian Organisasi Jerman (DFG) selama 2000-2004. Perhatian khusus diberikan kepada parameter yang mendasari tabel, yang biasanya memberikan indikasi yang jelas dari inisiatif atau pinjaman. Lihat lebih lanjut

www.rz.uni-frankfurt.de/~dalen/, kemudian params.htm dan programs.htm.

Proyek ini terinspirasi oleh ES Kennedy 1956 Zij Survey (§ 1), yang sekarang menambahkan laporan interim di King & Samso (§ 1). * Sebuah publikasi utama oleh Benno van Dalen diantisipasi. Pada metodologi melihat sudah studinya: "Sebuah Metode statistik untuk Memulihkan Parameter diketahui dari Tabel Astronomi Medieval", Centaurus 32 (1989), hlm 85-145;. dan kuno dan abad pertengahan Tabel Astronomi: Struktur Matematika dan Parameter Nilai, Utrecht: Universiteit Utrecht, 1992.

* Artikel ini disusun pada kesempatan Encyclopaedia of Islam mencapai huruf "Z" tapi ternyata terlalu lama untuk dapat diterima untuk artikel "Zîdj".


3.2 instrumen astronomi Islam dan Eropa Abad Pertengahan


Sebuah proyek untuk katalog semua instrumen astronomi abad pertengahan, baik Islam dan Eropa, yang dilakukan oleh David A. Raja, dan didukung oleh Organisasi Riset Jerman (DFG) selama 1992-1996 dan 1996-2002. Lihat DAK lanjut, "Instrumen Astronomi Medieval: A Catalogue Persiapan"., Buletin Ilmiah Instrumen Masyarakat 31 (Desember, 1991), hlm 3-7, dan untuk gambaran potensi instrumen abad pertengahan sebagai sumber sejarah lihat DAK , "Instrumen Astronomi antara Timur dan Barat", di Harry Kühnel, ed, Kommunikation zwischen Orient und Okzident, Wina:.. Österreichische Akademie der Wissenschaften (.. Sitzungsberichte, Phil.-Hist Klasse, vol 619), 1994, hlm 143- 198.

Tidak ada komentar: